Tips Merawat Mobil

JAKARTA – Gaya hidup masa kini yang menuntut sebagian masyarakat untuk beraktifitas di rumah membuat intensitas penggunaan mobil sebagai sarana mobilitas menjadi lebih berkurang. Akan tetapi, sebagai pemilik mobil yang ingin mobilnya selalu dalam kondisi optimal saat digunakan perlu melakukan beberapa tips perawatan ringan berikut. Mobil akan menjadi menyenangkan untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Asst. To Service Dept. Head PT Suzu ki Sales Hariadi mengatakan selama mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama tetap memerlukan perhatian dan perawatan dari pemiliknya.

Rutin Cek Oli

Umumnya dalam petunjuk buku manual, cek oli dianjurkan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Namun sebaiknya bagi penggunaan mobil yang dalam kesehariannya menghadapi kemacetan, mengganti oli dilakukan setiap 5.000 km.

Selain itu, apabila mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah menghitam dan encer, itu tandanya untuk ganti oli.

Bersihkan Mobil

Hal utama yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil jarang dipakai adalah dengan membersihkan mobil baik bagian dalam maupun luarnya. Gunanya, untuk menjaga mobil dari serangga dan tikus yang berkemungkinan merusak spare-part mobil karena kekotoran yang menarik perhatian mereka. Debu-debu juga mampu membuat mobil berkarat, sehingga komponen mesin mobil bisa terkena kerusakan akibat mobil jarang dibersihkan.

Nyalakan / Panaskan Mobil

Memanaskan atau Menyalakan mobil jarang dipakai secara berkala memiliki banyak manfaat yang baik. Ketika mobil dinyalakan dan Anda membiarkan situs judi slot yang gacor tersebut menyala selama beberapa waktu, terjadi sirkulasi di dalam mesin mobil sehingga menjaga cairan-cairan menggumpal di dalam mesin. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar alternator bekerja optimal dalam pengisian aki sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

Tetap melakukan pengecekan Air Radiator

Air radiator Melakukan pengecekan air atau cairan radiator menjadi salah satu cara dalam merawat kendaraan. Seperti diketahui, komponen radiator menjadi perangkat yang sangat vital pada kendaraan roda empat. Jika kondisinya tidak terpantau bisa saja menyebabkan terjadinya overheat hingga kerusakan yang lebih barah. Untuk itu, pengecekan cairan pada komponen ini perlu dilakukan agar kinerjanya tetap sempurna dalam mendinginkan mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.